Connect with us

Nasional

Presiden Jokowi Pantau Bendungan Karian

Published

on

Presiden Jokowi Tinjau Proyek Bendungan Karian di Banten

Banten-GeoSiar.com, Presiden Joko Widodo melakukan kunjungan kerja 2 hari di Banten. Dalam kunjungannya, presiden meninjauan proses pembangunan bendungan yang menempati urutan ketiga terbesar di Indonesia ini pada Rabu (4/10/2017).

Disamping itu, Jokowi juga akan meninjau sejumlah proyek dan menghadiri perayaan HUT ke-72 TNI.

Peninjauan ini didampingi oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, serta Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, melihat langsung proses pembangunan bendungan Karian di Kecamatan Rangkasbitung, Kabupaten Lebak, Banten.

Kepala Negara menjelaskan bahwa sebenarnya pembangunan bendungan yang termasuk ke dalam proyek strategis nasional itu sudah direncanakan sejak tahun 80-an tetapi baru tiga tahun terakhir rencana tersebut berjalan.

Bendungan Karian merupakan satu dari 12 proyek nasional di Banten yang dibangun dengan menggunakan sumber dana APBN, dimana kapasitasnya adalah sebesar 314,7 juta meter kubik.

Disamping itu, selain bendungan Karian, turut dibangun pula bendungan Sindang Heula di Kota Serang yang juga masuk dalam proyek strategis nasional. dibangun 33 waduk dari 49 waduk yang direncanakan.

Tujuan dari pembangunan bendungan ini diharapkan dapat mengairi lahan seluas 22.000 hektare, menyediakan pasokan air baku untuk beberapa wilayah sekitar sebesar 9,1 meter kubik per detik, pengendalian banjir dengan kapasitas tampung sebesar 60,8 juta meter kubik, dan menghasilkan tenaga listrik sebesar 1,8 MW.

Berdasarkan pantauan yang dilakukannya secara langsung, presiden menargetkan jangka waktu pembangunan bendungan ini akan selesai pada tahun 2019 mendatang.