Connect with us

Lifestyle

5 Cara Mengatasi Lelah dan Stress Saat Bekerja, yang ke 5 Sangat Ampuh

Published

on

Medan-GeoSiar.com,  Bekerja adalah kegiatan yang sangat melelahkan tak perduli betapa menyenangkan pekerjaan anda. Bahkan, hanya menonton video YouTube seharian di kantor pun melelahkan.

Kelelahan biasanya ditandai oleh rasa letih/lesu serta kesulitan dalam berkonsentrasi,

Nah untuk mencegah hal tersebut, sebaiknya kamu menyimak beberapa tips ampuh di bawah ini yang akan kami uraikan dalam beberapa poin berikut:

1. Atur Waktu Kerja dengan Baik
Gunakanlah waktu secara efisien dan maksimal. Mungkin anda perlu membuat daftar kerja yang disesuaikan dengan skala prioritas. Jika pekerjaan yang belum anda selesaikan terlalu banyak, jangan memaksakan diri, ada baiknya anda beristirahat sejenak untuk sekedar minum.

2. Buat Target
Anda harus bisa membuat target dalam satu pekerjaan yang harus terselesaikan, hal ini penting untuk dilakukan. Anda juga harus membuat yang bersifat realistis supaya anda tidak perlu bekerja ekstra.

Nah Jika anda sudah membuat target, maka anda harus mengerjakannya semaksimal mungkin. Yang perlu diingat, susunlah target dengan kemampuan yang anda punya.

3. Katakan TIDAK!
Walau saat ini anda menjabat sebagai karyawan, dan sangat sering ditugaskan oleh atasan maupun oleh senior anda di tempat kerja, tapi anda juga memiliki hak untuk menolak sesuatu yang memang mereka perintahkan bila pekerjaan tersebut telah overload.

Jelaskan pada mereka bahwa tugas yang memang perlu anda selesaikan dalam waktu yang cepat masih banyak, serta anda telah memiliki rencana untuk pekerjaan selanjutnya. Jika ini disampaikan dengan baik dan masuk akal, akan semakin menambah nilai plus buat anda.

4. Istirahat Sejenak
Ketika lelah melanda, janganlah anda  memaksakan diri, ada baiknya segera mengambil waktu sejenak untuk beristirahat. Mungkin anda dapat sekedar minum teh maupun kopi. Cari tempat khusus dan anda dapat melepaskan kepenatan sejenak. Jika anda bekerja dikantor, maka anda dapat melakukan istirahat dengan memejamkan mata sekitar 10 sampai 15 menit di ruangan kerja. Sssssssssttt…… jangan sampai waktu ada bos anda gunakan untuk tips ini.

5. Nikmati Waktu Makan Siang
Menurut penelitian dari Journal of Occupational Health Psychology, berjalan 15 menit menuju tempat makan siang akan membuat mood anda berubah dan kembali siap menghadapi tantangan yang menguras pikiran dan tenaga di kantor.

Para peneliti melakukan survey terhadap 100 orang diberbagai bidang dan meminta mereka untuk melakukan rutinitas baru saat jam makan siang. Sebagian dari mereka memilih menuju taman dan membaur dengan alam, sementara sisanya diminta untuk melakukan latihan pernafasan dan teknik relaksasi.

Kedua group tersebut mengalami peningkatan produktivitas dan konsentrasi. Jadi kesimpulannya, Anda cukup keluar kantor, berjalan-jalan dan bersosialisasi.

Nikmatilah hidupmu. Bagaimana? Mau mencoba? Silahkan buktikan!