Connect with us

Lifestyle

Makanan Pencegah Pikun di Usia Muda

Published

on

Medan-GeoSiar.com, Pikun adalah suatu jenis penyakit bukan proses perjalanan diusia tua yang normal, sehingga sangat perlu untuk diwaspadai dan sedapatnya dicegah. Penyakit ini tidak hanya menyerang para lansia, tetapi juga dapat menyerang kaum muda.
Pikun diakibatkan oleh  kerusakan pada beberapa sel otak yang menyebabkan kemampuan berkomunikasi antar beberapa sel terganggu. Semakin aktif dan sibuknya seseorang, maka akan semakin tinggi juga kelupaannya akan suatu hal karena sukar berkonsentrasi. Untuk mengatasi hal tersebut, anda dapat mengubah pola kehidupan yang lebih baik dengan mengkonsumsi beberapa makanan sehat yang mampu mencegah terjadinya kepikunan di usia muda, berikut adalah daftar menunya:

1. Kuning telur

Kuning telur merupakan jenis makanan yang kaya akan nutrisi, selama dikonsumsi secara wajar. Kuning telur mengandung kolin yang baik untuk perkembangan otak. Maka dari itu, anak-anak sering dianjurkan untuk mengkonsumsi telur demi perkembangan dan kesehatan otaknya.

2. Kopi

Kopi kaya akan vitamin, mineral, asam amino serta antioksidan. Mengkonsumsi kopi tidak lebih dari dua cangkir per hari dapat mengurangi terjadinya kepikunan atau demensia. Selain itu, menurut penelitian yang dilakukan di Korsel, telah terungkap bahwa kopi mengandung zat yang dapat memperlambat pertumbuhan sel tumor di otak.

3. Sayuran

Sayuran seperti kubis, brusel sprout, kembang kol serta brokoli memiliki banyak nutrisi yang baik sebagai obat anti penuaan pada organ otak. Bila otak kita tetap muda, maka kemampuan berpikir kita tidak akan mengalami gangguan serta jauh dari pikun. Selain itu, konsumsi sayuran akan membuat sistem kekebalan tubuh kita semakin kuat sehingga jauh dari berbagai macam penyakit.

4. Cabai

Cabai mengandung capsaicin, yaitu senyaa yang dapat meredakan nyeri serta dapat menggelontor lemak berlebih dalam tubuh kita. Cabai juga dapat kita konsumsi untuk menjaga perkembangan organ otak. Capsaicin yang terkandung di dalam cabai akan membuat saraf-saraf dalam tubuh serta saraf otak kita menjadi lebih tenang dan meningkatkan produki hormon endorfin yang nantinya akan membuat kita menjadi lebih mudah untuk berkonsentrasi.

5. Berrie

Berrie sangat baik untuk menjaga kesehatan tubuh serta kesehatan organ otak. Blueberry serta raspberry mengandung antosianin yang dapat melindungi neuron otak yang berkaitan dengan memori. Senyaa fiestin dalam straberry dapat membantu kekuatan memori dalam jangka panjang. Bahkan ada penelitian yang menyatakan bahwa mengkonsumsi secangkir buah berrie setiap hari akan dapat meningkatkan daya ingat hanya dalam waktu beberapa bulan aja.

6. Minyak ikan salmon

Ikan laut seperti tuna, salmon serta ikan cod mengandung minyak ikan omega 3 yang kaya DHA. Sering mengkonsumsi ikan akan memperlancar proses pengiriman signal yang menuju ke otak. Rendahnya DHA pada seseorang akan menyebabkan hilangnya memori, kurangnya konsentrasi serta gangguan mood.  Bahkan kurangnya DHA dapat menyebabkan munculnya depresi, autisme serta skizofrenia. Maka dari itu, sebaiknya kita lebih sering mengkonsumsi ikan.

7. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan mengandung banyak vitamin E yang dapat menyehatkan organ otak sehingga memori kita akan tetap terjaga sampai tua. Kacang kenari juga mengandung omega 3 yang baik untuk otak. Sedangkan kacang mede mangandung magnesium yang dapat meningkatkan produksi okigen ke sel-sel otak.

8. Buah bit

Buah bit mengandung banyak vitamin B yang baik untuk menjaga fungsi otak. Nutrisi ini sangat penting untuk kemampuan otak dalam mengolah data serta kekuatan dalam hal mengingat. Buah bit segar dipercaya sebagai obat anti depresi yang alami sejak jaman dulu. Selain itu, buah bit juga akan mengikat folat agar tetap stabil dalam tubuh kita.

Pastikan berhasil, selamat mencoba, buktikan khasiatnya!