Connect with us

Politik

Bawaslu Ajak Masyarakat Gotong Royong Awasi Pilgubsu 2018

Published

on

Medan,GeoSiar.com
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Sumatera Utara (Sumut) mengajak semua elemen masyarakat mengawasi Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) 2018. Pengawasan bersama dengan konsep gotong royong agar terselenggara pemilihan yang jujur, adil dan bermartabat.

“Jargon (konsep) kita gotong royong awasi Pilgubsu 2018. Kita ingin semua elemen masyarakat melibatkan diri,” kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Sumut Aulia Andri di Medan, kemarin.

Integritas pemilihan tidak hanya tanggungjawab pemerintah dan penyelenggara pemilihan. Melainkan tanggungjawab semua pihak. Tahun 2018 masyarakat Sumut memilih pemimpin melalui pesta demokrasi.

“Ayo, Gotong royong awasi Pilgubsu, sehingga tidak ada kecurangan, tahapan berjalan sesuai jadwal, setiap pemilih mendapatkan hak memilih. Sama-sama kita jadikan pesta demokrasi sebagai pesta rakyat,” katanya.

Mata dan tangan jajaran Bawaslu Sumut sampai tingkat desa/kelurahan sangat terbatas mengawasi  71.680 km2 wilayah Sumut. Karena itu, perlu keterlibatan semua pihak dalam konsep gotong royong untuk mengawasi seluruh tahapan. Selain, itu ada delapan kabupaten/kota yang juga menyelengarakan pilkada bersamaan dengan Pilgubsu. Akhir tahun 2017 hingga pemungutan suara yang direncanakan 27 Juni 2018 akan beririsan dengan tahapan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden.

“Kita berharap masyarakat aktif dalam konsep gotong royong. Setidaknya untuk mengawal suaranya yang sudah diberikanya di TPS pada pemungutan suara mendatang. Lebih khusus lagi, mencegah masyarakat turut serta melanggar karena menerima politik uang,” katanya. (r/gs)